ALGORITMA?
Apa Itu Algoritma?
Algorima adalah prosedur atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Definisi lain dari algoritma:
1. Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
2. Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran.
3. Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika.
Bagaimana Sejarahnya?
Kata "algoritma" tidak ada dalam kamus hingga tahun 1957. Hanya ada kata "algorism" yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Kata algorism berasal dari nama penulis Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Perubahan kata menjadi algorithm muncul karena algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, maka lambat laun kata algorithm digunakan sebagai metode perhitungan (komputasi).
Apa Saja Struktur Algoritma?
1. Struktur Algoritma Berurutan (Sequencing)
Struktur algoritma berurutan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan yang ditulis, yaitu suatu instruksi dieksekusi sesudah instruksi sebelumnya selesai dieksekusi.
Struktur algoritma berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan pada jalur lurus yang tidak terdapat persimpangan seperti tampak pada gambar dibawah ini. Mobil akan melewati kilometer demi kilometer jalan hingga tujuan tercapai.
2. Struktur Algoritma Percabangan (Branching)
Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan. Ada kalanya kita perlu mengubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu. Peristiwa ini disebut dengan percabangan.
Contoh soal:
Sebuah aturan untuk menonton suatu film tertentu adalah sebagai berikut: Jika usia penonton lebih dari 17 tahun, maka penonton boleh menonton. Namun jika usia penonton kurang dari 17 tahun, maka penonton dilarang menonton.
Jawab:
Penulisan flowchartnya
3. Struktur Algoritma Perulangan (Looping)
Dalam banyak kasus sering kita dihadapkan dengan sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali-kali. Seperti contohnya adalah balapan mobil seperti gambar dibawah ini. Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai yang ditetapkan dalam aturan main. Siapa yang melewati finish lebih cepat, maka ia pemenangnya.
Jika ada yang kurang dipahami bisa coret-coret dikolom komentar ya... ^_^
Algorima adalah prosedur atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
Definisi lain dari algoritma:
1. Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.
2. Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran.
3. Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika atau matematika.
Bagaimana Sejarahnya?
Kata "algoritma" tidak ada dalam kamus hingga tahun 1957. Hanya ada kata "algorism" yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Kata algorism berasal dari nama penulis Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Perubahan kata menjadi algorithm muncul karena algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, maka lambat laun kata algorithm digunakan sebagai metode perhitungan (komputasi).
Apa Saja Struktur Algoritma?
1. Struktur Algoritma Berurutan (Sequencing)
Struktur algoritma berurutan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan yang ditulis, yaitu suatu instruksi dieksekusi sesudah instruksi sebelumnya selesai dieksekusi.
Struktur algoritma berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan pada jalur lurus yang tidak terdapat persimpangan seperti tampak pada gambar dibawah ini. Mobil akan melewati kilometer demi kilometer jalan hingga tujuan tercapai.
Contoh Struktur Algoritma Berurutan
Penulisan Flowchart
Dari contoh algoritma menghitung luas lingkaran, maka dapat digambarkan sebagai berikut:
Nama Algoritma Menghitung_luas_lingkaran
Deklarasi R : integer;
L : float;
Pi = 3.14 : konstanta
Deskripsi Read(R);
Pi ß 3.14;
L ß Pi * R * R;
Write(L);
Nama Algoritma Menghitung_luas_lingkaran
Deklarasi R : integer;
L : float;
Pi = 3.14 : konstanta
Deskripsi Read(R);
Pi ß 3.14;
L ß Pi * R * R;
Write(L);
2. Struktur Algoritma Percabangan (Branching)
Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan. Ada kalanya kita perlu mengubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu. Peristiwa ini disebut dengan percabangan.
Contoh soal:
Sebuah aturan untuk menonton suatu film tertentu adalah sebagai berikut: Jika usia penonton lebih dari 17 tahun, maka penonton boleh menonton. Namun jika usia penonton kurang dari 17 tahun, maka penonton dilarang menonton.
Jawab:
Nama algoritma
|
Menonton_film
|
Deklarasi
|
Usia : real;
Psn : String;
|
Deskripsi
|
Read (Usia)
if Usia > 17
Psnß
“anda boleh menonton”
else
Psnß “anda tidak boleh menonton”
Write(‘Pesan’, Psn)
|
Penulisan flowchartnya
3. Struktur Algoritma Perulangan (Looping)
Dalam banyak kasus sering kita dihadapkan dengan sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali-kali. Seperti contohnya adalah balapan mobil seperti gambar dibawah ini. Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai yang ditetapkan dalam aturan main. Siapa yang melewati finish lebih cepat, maka ia pemenangnya.
Struktur Perulangan
1. Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan. Syarat ini bisanya dinyatakan dengan ekspresi Boolean yang harus diuji apakah nilainya benar (true) atau salah (false).
2. Badan pengulangan (loop body), yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang.Jika ada yang kurang dipahami bisa coret-coret dikolom komentar ya... ^_^
Komentar
Posting Komentar